Rabu, 05 Juni 2024

Keteladanan Umar bin Khattab dan Sifat-sifat Mulianya sebagai Khalifah



πŸ‚ Umar bin Khattab adalah khalifah kedua setelah Abu Bakar Ash Shiddiq. Ia dijuluki sebagai Al Faruq yang artinya pembeda karena ia dapat membedakan yang benar dan yang batil, yang baik dan yang buruk.


πŸͺ Umar bin Khattab memiliki banyak sifat-sifat mulia yang patut diteladani oleh umat Muslim, yakni sebagai berikut.



Berani


Umar bin Khattab memiliki sifat keberanian yang luar biasa. Ia sangat tegas dalam membuat keputusan dan disiplin dalam menunaikan semua tanggung jawabnya.

πŸ‚ Umar juga tidak pernah ragu untuk berjuang dalam kebenaran Islam.

πŸͺ Sebagai umat Muslim kita dapat meneladani keberanian Umar bin Khattab dalam kehidupan sehari-hari dengan cara seperti menyampaikan pendapat yang benar.



Bertanggung Jawab

🐏 Umar bin Khattab adalah pribadi yang bertanggung jawab. Ia selalu bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diamanahkan kepadanya.

πŸͺ Saat menjadi khalifah ia selalu berkeliling memeriksa keadaan rakyatnya di malam hari.

πŸ‚ Ada sebuah kisah yang terkenal tentang Umar bin Khattab yang menolong seorang ibu yang memasak batu untuk menghibur anaknya yang kelaparan karena tidak mempunyai bahan makanan apapun.

Umar yang tersentuh hatinya segera mengambil sekarung gandum kemudian memikul gandum tersebut ke rumah ibu tersebut dan memasakkan bubur untuk ibu dan anak itu. Umar juga berpesan pada ibu itu untuk mengambil jatahnya ke Baitul Mal pada esok hari.

🐏Kisah tersebut menunjukkan tanggung jawab Umar bin Khattab sebagai khalifah dan kepeduliannya pada rakyat.



Adil

πŸ‚ Umar bin Khattab juga dikenal selalu bersikap adil kepada siapa pun tanpa pandang bulu sekalipun kepada orang terdekatnya.

πŸͺ Umar bin Khattab tidak peduli kedudukan atau jabatan apapun. Jika seseorang berbuat salah, maka harus dihukum.

🐏 Sikap adil ini layak dijadikan teladan ketika kita menjadi pemimpin. Ketika ada anggota yang mengadu kita tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan namun harus mengumpulkan bukti dan keterangan dari berbagai pihak yang terlibat terlebih dahulu. Setelah ada bukti dan ditemukan pelakunya kita harus memberikan sanksi yang adil.



Sederhana

πŸ‚ Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok yang sederhana. Meskipun diangkat sebagai seorang khalifah, Umar tetap bersikap sederhana.

πŸͺ Sikap sederhana sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan cara tidak mengenakan pakaian dan perhiasan yang berlebihan, membeli sesuatu sesuai kebutuhan, dan menggunakan uang secukupnya.


Cerdas

🐏 Umar bin Khattab terkenal cakap dalam bidang tulis menulis, kepenyairan, penerjemahan, dan susastra.

πŸ‚ Setiap kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, Umar adalah orang yang paling lekas bergegas untuk merekam apa yang telah Nabi terima.

πŸͺ Umar bin Khattab, selain menjadi juru tulis andalan Nabi, juga adalah seorang juru diplomasi yang andal. Kecakapan dalam bidang ini juga telah dimiliki Umar jauh sebelum masuk Islam, ketika Umar adalah duta besar dan juru runding klan Quarisy yang paling diandalkan.

🐏 Kita juga dapat meneladani kecerdasan Umar bin Khattab ini dengan terus belajar, menambah pengetahuan dan ilmu, serta memperbanyak keterampilan yang bermanfaat dalam hidup.

πŸ‚ Semoga sifat-sifat mulia tersebut dapat menjadi inspirasi untuk umat Muslim agar menjadi pribadi yang lebih baik.


Sumber :
Buku Sahabat Rasul : Umar bin Khattab oleh Ariany Syurfah dan Buku Kisah Hidup Umar bin Khattab oleh Dr. Musthafa Murad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar