Jumat, 20 September 2024

Tafsir Ibnu Katsir tentang ayat QS. Al-Hasyr: 14

Menurut **Tafsir Ibnu Katsir**, ayat **QS. Al-Hasyr: 14** yang berbunyi *"Kamu kira mereka itu bersatu, padahal hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena mereka adalah kaum yang tidak mengerti,"* merujuk kepada sifat kaum yang memusuhi Islam, khususnya **Bani Nadhir** dan kelompok-kelompok Yahudi lainnya yang berada di Madinah pada masa Rasulullah SAW.

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa mereka terlihat bersatu di hadapan orang-orang Muslim, seolah-olah mereka memiliki kekuatan dan solidaritas yang kuat. Namun, di balik tampilan tersebut, mereka sebenarnya sangat lemah dan terpecah belah. Hati mereka dipenuhi dengan permusuhan satu sama lain dan mereka tidak memiliki kesepakatan yang sebenarnya di antara mereka.

Hal ini dikarenakan sifat mereka yang tidak memahami dan tidak menggunakan akal mereka dengan benar, karena mereka lebih mementingkan nafsu dan kepentingan duniawi daripada kebenaran dan keadilan. Persatuan mereka hanya sebatas kepentingan duniawi dan permusuhan terhadap Islam, namun tidak ada ikatan batin yang kuat di antara mereka.

Ayat ini juga menjadi peringatan bagi kaum Muslimin agar tidak terkecoh dengan penampilan lahiriah musuh yang tampak kuat dan bersatu, padahal sebenarnya mereka lemah dan mudah dikalahkan jika kaum Muslimin tetap berpegang teguh pada iman dan persatuan.

Tafsir ini menegaskan bahwa kekuatan sejati terletak pada persatuan yang didasari oleh iman kepada Allah, bukan semata-mata pada kekuatan materi atau jumlah pengikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar