Sabtu, 06 Juli 2024

Ketika Hewan Kurban mau dipotong



"Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya." Q.S. Al-Hajj: 37.

"Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, "Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya." (Hadits riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

Begitu indah, mulia, dan dicintai Allah bagi orang yang berkurban di bulan Dzulhijjah. Bagi sobat yang diberikan keleluasaan rizki dan berniat kuat untuk berkurban. Ketika hewan kurban akan dipotong (baik melihat langsung maupun tidak), maka lakukanlah:

1. Pastikan Anda menghadap kiblat; lalu baca do'a: 

Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathorossamaawaati wal ardhi hanifan muslimaw wama ana minal musyrikin.
Inna sholaatii wanusukii wamahyaaya wamamatii lillahi robbil'alamin.
Laa syariikalahuu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

2. Lanjut do'a permintaan kepada Allah. 

Misalnya:

Yaa Allah ampunilah dosa dan kekhilafanku. Tutuplah aib-aibku.
Berikanlah kepadaku rezeki yang banyak, halal, dan baik.
Mudahkanlah segala urusan di dunia dan akhirat nanti.
Titipkan kepada kami; anak dan cucu yang baik, bertakwa, dan cerdas. Jadikan mereka semua keturunan yang menyenangkan dan tidak membuat resah serta gelisah bagi kami.
Berikanlah usia yang panjang, bermanfaat, dan penuh keberkahan; bila diwafatkan dalam waktu dekat, wafatkalah dalam husnul khatimah.

Berkurban termasuk salah satu syi'ar Islam dan termasuk ketaatan yang paling utama.
"Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketakwaan hati."
(QS. Al-Hajj: 32).

Selamat Idul Adha 1445 H.
Semoga kurban dan ibadah lainnya diterima oleh Allah Azza Wa Jalla.
Karset, 16 Juni 2024
CS. Agis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar